Secara umum, pengertian taman sekolah adalah sebidang area di lingkungan sekolah yang dipergunakan untuk menanam berbagai macam tanaman khususnya tanaman hias dan tanaman pelindung ditambah dengan elemen-elemen lain untuk mempercantik yang ditata dan dikombinasikan sedemikian rupa agar terlihat indah, hijau, nyaman, dan sejuk. Tanaman-tanaman yang ada di taman sekolah seperti bebungaan, bambu jepang, pohon beringin, pohon cemara, drasena drako, furcraea, kaktus batang, dan lain sebagainya.

Selain tanaman yang memang komponen wajib pada taman sekolah, diperlukan elemen tambahan lain untuk kegunaan tertentu atau sekedar menambah keindahan saja. Seperti pot atau media lain sebagai wadah tanaman, jalan setapak di antara susunan tanaman sebagai jalan untuk melihat-lihat taman, kolam, sungai, atau air mancur buatan sehingga taman terasa lebih dingin, penambahan batu alam, kursi taman dan gazebo sebagai tempat untuk duduk-duduk dan melepas lelah, sarana permainan anak seperti ayunan, lampu taman untuk menerangi di malam hari, sistem penyiraman tanaman dan drainase, pompa air, pergola, dan lain sebagainya.

Manfaat taman sekolah bagi siswa belajar lainnya yaitu bisa dijadikan sebagai tempat belajar di luar ruangan ketika siswa merasa bosan belajar di dalam kelas atau ketika belajar ilmu mengenai tumbuh-tumbuhan. Guru dapat menerangkan mengenai tumbuhan tertentu dengan langsung memperlihatkannya kepada siswa sehingga siswa lebih mudah mengerti. Pembuatan taman sekolah juga termasuk aksi penghijauan dimana pada saat sekarang hal ini sangat diperlukan mengingat pemanasan global yang sedang terjadi.